Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji

  • Selasa, 21 Juni 2022 - 11:57:28 WITA
  • admin
Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji

Hari ini, Selasa (21/06) Dinas Kesehatan melalui Subkoordinator Penyehatan Lingkungan melaksanakan pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari.

Menurut Ibu Yuana Indrawati S, SKM selaku pelaksana kegiatan ini dan sebagai Plt. Subkoordinator Penyehatan Lingkungan, berdasarkan Peraturan Mentri Kesehatan Nomor 14 Tahun 2021, dimana salah satu persyaratan izin usaha tempat pengelolaan makanan adalah pengusaha dan penjamah makanannya harus sudah dilatih tentang hygiene sanitasi pangan.

Peserta yang hadir dalam pelatihan ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari penjamah makanan siap saji, pangan jajanan, sentra pangan, pemilik sekaligus penanggung jawab pengelola katering, rumah makan, dan kantin. 
Ibu Yuana juga menyampaikan bahwa peserta tiap tahunnya terus berganti karena tempat pengelola pangan khususnya di wilayah Tenggarong terus bertambah.

Narasumber dalam pelatihan ini yaitu Ibu Charla Oktavia Senga, SKM, M.Kes dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur dan Ibu Yuana Indrawati S, SKM dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Ibu Yuana berharap dengan meningkatnya pengetahuan peserta mengenai panganan siap saji mereka mampu menerapkan ilmu tersebut ditempat usahanya masing-masing tentang bagaimana perlakuan terhadap bahan panganan, bagaimana cara mengolahnya dan penyajiannya serta tidak lupa Ibu Yuana menyampaikan untuk peserta agar mengurus sertifikat Laik Hygiene Sanitasi karena ini merupakan kewajiban untuk tempat pengelola pangan miliki.(nf)

  • Selasa, 21 Juni 2022 - 11:57:28 WITA
  • admin

Berita Terkait Lainnya