Pelatihan Pemantauan Pertumbuhan Balita bagi Tenaga Kesehatan Tahun 2022

  • Selasa, 27 September 2022 - 08:40:29 WITA
  • admin
Pelatihan Pemantauan Pertumbuhan Balita bagi Tenaga Kesehatan Tahun 2022

DinkesKukarHariIni___Hari ini (26/09) Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Subkoordinator Peningkatan Gizi Keluarga dan Masyarakat melaksanakan Pelatihan Pemantauan Pertumbuhan Balita bagi Tenaga Kesehatan yang diselenggarakan di Hotel Grand Fatma Tenggarong.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari sejak hari Senin (26/09) hingga hari Jum’at (30/09) sesuai kurikulum yang telah terstandar di SIAKPEL .

Pemantauan pertumbuhan balita merupakan salah satu kegiatan program perbaikan gizi sebagai upaya untuk mencapai status gizi dan derajat kesehatan balita yang optimal. Pemantauan pertumbuhan balita terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan secara teratur setiap bulan, yakni :

  1. Penilaian pertumbuhan anak yang terdiri dari penimbangan, pengisian buku KIA dan plotting titik pertumbuhan pada grafik KMS,
  2. Pencatatan dan pelaporan hasil pemantauan pertumbuhan secara manual dan elektronik ke dalam sistem Sigizi terpadu,
  3. Pemberian penyuluhan dan/atau konseling pada semua ibu/pengasuh dan tindak lanjut setiap kasus gangguan pertumbuhan, dan
  4. Tindak lanjut dalam bentuk kebijakan dan program di tingkat masyarakat serta meningkatkan motivasi untuk memberdayakan keluarga.

Peserta dalam pelatihan ini sebanyak 25 orang yang merupakan staf Puskesmas yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Adapun kriteria peserta yang mengikuti pelatihan yaitu tenaga kesehatan puskesmas dengan minimal pendidikan D3 kesehatan, peserta dapat pula berasal dari organisasi profesi pemberi pelayanan kesehatan fasilitas kesehatan rujukan dan atau rumah sakit, peserta diprioritaskan dari petugas kesehatan bagian pelayanan gizi atau kesehatan anak, dan diutamakan pelaksana kegiatan pemantauan pertumbuhan balita.

Kegiatan ini difasilitasi oleh UPTD Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur dengan Widyaiswara 1 (satu) orang dan fasilitator sebanyak 2 (dua) orang.

Proses pembelajaran menggunakan metode klasikal (tatap muka) yang dikombinasikan dengan diskusi curah pendapat, studi kasus, praktek dan role play sesuai protokol kesehatan.

Tujuan secara umum bagi peserta pelatihan mampu melaksanakan pemantauan pertumbuhan balita diwilayah kerjanya sesuai dengan pedoman pemantauan pertumbuhan balita dan secara khusus peserta pelatihan mampu menerapkan konsep pemantauan pertumbuhan balita; mampu melakukan perhitungan umur, penimbangan berat badan, pengukuran panjang dan tinggi badan, serta menghitung indeks masa tubuh; mampu melakukan penilaian status pertumbuhan balita; mampu melakukan pencatatan dan pelaporan kegiatan pemantauan pertumbuhan balita; dan mampu melakukan monitoring dan evaluasi pemantauan pertumbuhan balita.(nf)

Galeri Foto Kegiatan : http://dinkes.kukarkab.go.id/lihat-foto-67-pelatihan-pemantauan-pertumbuhan-balita-bagi-tenaga-kesehatan-tahun-2022.html

  • Selasa, 27 September 2022 - 08:40:29 WITA
  • admin

Berita Terkait Lainnya