Sidak Dinas Kesehatan Kukar di Apotek Tenggarong

  • Jumat, 28 Oktober 2022 - 14:22:50 WITA
  • admin
Sidak Dinas Kesehatan Kukar di Apotek Tenggarong

DinkesKukarHariIni___Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara bekerjasama dengan Polres Kutai Kartanegara dan IAI (Ikatan Apoteker Indonesia) Kutai Kartanegara melakukan sidak pengawasan penggunaan Obat Sediaan Cair/Sirup berdasarkan Surat Plt. Direktorat  Jendral Pelayanan Kesehatan Nomor : HK.02.02/III/3515/2022 tentang Petunjuk Penggunaan Obat Sediaan Cair/Sirup pada Anak dalam rangka Pencegahan Peningkatan Kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAP) / (Atypical Progressive Kidney Injury).

Sidak pada Apotek merupakan agenda rutin Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Namun kali ini sidak dilakukan untuk pengecekan obat terkait edaran Kemenkes RI yang mengandung Propilen Glikol, Polietlin Glikol, Sorbitol dan atau Gliserin/Gliserol.

Untuk sementara obat-obat dengan kandungan tersebut agar tidak diperjualbelikan hingga edaran baru yang dikeluarkan oleh pihak Kemenkes RI.

Sedangkan untuk obat yang tidak menggunakan kandungan tersebut di atas dan dinyatakan aman boleh beredar sepanjang penggunaannya sesuai aturan pakai.

Beberapa Apotek yang disidak ada yang telah melakukan penyimpanan obat-obat terkait dan ada juga yang belum mengetahui informasi tersebut sehingga diarahkan untuk disimpan dahulu hingga ada edaran terbaru dari Kemenkes RI.

Harapannya setelah sidak ini semua Apotek yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara dapat mematuhi peraturan ini.(nf)

  • Jumat, 28 Oktober 2022 - 14:22:50 WITA
  • admin

Berita Terkait Lainnya