Pertemuan Sosialisasi Percepatan Penghapusan Alat Kesehatan Bermerkuri Tahun 2022

  • Rabu, 02 November 2022 - 09:22:27 WITA
  • admin
Pertemuan Sosialisasi Percepatan Penghapusan Alat Kesehatan Bermerkuri Tahun 2022

DinkesKukarHariIni___Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan Pertemuan Sosialisasi Percepatan Penghapusan Alat Kesehatan Bermerkuri.

Melalui Subkoordinator Penyehatan Lingkungan, Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Selasa dan Rabu tanggal 1 dan 2 November 2022 mulai pukul 08.00 Wita  – 16.30 Wita.

Berlangsung di Ruang Germas Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara, peserta yang hadir pada kegiatan ini yaitu pengelola program kesehatan lingkungan yang ada di 32 puskesmas  dan 3 RSUD dan 45 klinik  se-Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline/luring oleh pengelola program kesehatan lingkungan  di 32 Puskesmas dan oneline/daring oleh 3 RSUD dan 45 klinik pemerintah maupun swasta di kabupaten kutai kartanegara.

Penyampaian materi secara offline oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan timur dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur.

Secara umum kegiatan ini bertujuan agar Terlaksananya upaya percepatan  penghapusan alat kesehatan bermerkuri di Fasilitas Pelayanan Kesehatan ( Fasyankes).

Secara khusus tujuan kegiatan ini agar Tersosialisasinya Perpres No 21 Tahun 2019 dan Permenkes No. 41 tahun 2019  tentang Penghapusan Alkes  Bermerkuri, Diketahuinya progres pelaksanaan penghapusan alat kesehatan bermerkuri di Kabupaten Kutai Kartanegara, Teridentifikasinya permasalahan dan solusi dalam mempercepat capaian pelaksanaan penghapusan alat merkuri di Kabupaten Kutai Kartanegara, Terlaksananya pelaporan online inventarisasi alat kesehatan bermerkuri di seluruh Fasyankes di Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Disepakatinya target pencapaian penghapusan alat kesehatan bermerkuri di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pengaturan mengenai penghapusan alat kesehatan bermerkuri dituangkan dalam Permenkes No. 41 Tahun 2019 mengenai Penghapusan dan Penarikan Alat Kesehatan Bermerkuri di Fasyankes, yang diamanatkan untuk alat kesehatan bermerkuri berupa termometer dan spyghmomanometer, serta bahan tumpatan gigi mengandung merkuri, untuk tidak lagi digunakan hingga akhir tahun 2022.

Kementerian Kesehatan  memberikan apresiasi/penghargaan tahun 2021 kepada Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang telah 100% tidak menggunakan alat kesehatan bermerkuri, namun di  provinsi Kalimantan Timur pada umumnya dan Kabupaten Kutai Kartanegara  pada khususnya belum melakukan secara maksimal penarikan alkes  bererkuri dari fasilitas kesehatan.

Berdasarkan hal tersebut  maka  perlu dilakukaan sosialisasi percepatan penghapusan Alkes Bermerkuri kepada Fasyankes  di Kabupaten kutai kartanegara dengan harapan akhir tahun 2022 seluruh Fasilitas Kesehatan (Fasyankes)  100 % tidak menggunakan alat kesehatn bermerkuri.(nf)

  • Rabu, 02 November 2022 - 09:22:27 WITA
  • admin

Berita Terkait Lainnya