Yang Perlu Kamu Tahu Agar Terhindar Dari COVID-19

  • Selasa, 05 Mei 2020 - 09:04:17 WITA
  • admin
Yang Perlu Kamu Tahu Agar Terhindar Dari COVID-19

COVID-19 (CORONAVIRUS DISEASE 2019)

APA ITU CORONA VIRUS?

Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19.

APA ITU COVID19?

COVID-19 adalah Singkatan dari Corona Virus Disease 19, yaitu penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Ini merupakan virus baru dan penyakit yang sebelumnya tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember tahun 2019.

APA SAJA GEJALANYA?

  1. Demam
  2. Batuk kering, pilek
  3. Letih, lesu
  4. Sakit tenggorokan
  5. Gangguan pernapasan (sesak/kesulitan bernafas)
  6. Diare
  7. Gangguan indra perasa dan indra penciuman

BAGAIMANA CARA PENULARAN NYA?

Orang dapat tertular COVID-19 dari orang lain yang terjangkit virus ini. COVID-19 dapat menyebar dari orang ke orang melalui percikan-percikan dari hidung atau mulut yang keluar saat orang yang terjangkit COVID-19 batuk atau mengeluarkan napas. Percikan-percikan ini kemudian jatuh ke benda-benda dan permukaan-permukaan di sekitar. Orang yang menyentuh benda atau permukaan tersebut lalu menyentuh mata, hidung atau mulutnya, dapat terjangkit COVID-19. Penularan COVID-19 juga dapat terjadi jika orang menghirup percikan yang keluar dari batuk atau napas orang yang terjangkit COVID-19. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga jarak lebih dari 1 meter dari orang yang sakit.

BERAPA LAMA MASA INKUBASI COVID-19?

 

Masa inkubasi adalah jangka waktu antara terjangkit virus dan munculnya gejala penyakit. Pada umumnya masa inkubasi COVID-19 diperkirakan berkisar dari 1 hingga 14 hari, umumnya sekitar lima hari. Perkiraan ini akan diperbarui seiring dengan tersedianya lebih banyak data.

 

APA YANG DAPAT SAYA LAKUKAN UNTUK MELINDUNGI DIRI SAYA DAN MENCEGAH PENYEBARAN  COVID-19?

  1. RAJIN CUCI TANGAN DENGAN SABUN ATAU GUNAKAN HAND SANITIZER SAAT TIDAK MEMUNGKINKAN UNTUK MENCUCI TANGAN DENGAN AIR MENGALIR DAN SABUN.

MENGAPA?

Karena bisa saja virus ini menempel pada benda-benda yang kita sentuh dan banyak disentuh orang lain. Misalnya kenop pintu, tombol lift, tombol lampu, pegangan tangga, troli belanja atau eskalator.Saat virus ini menempel ditangan, kita akan mudah tertular penyakit bila tanpa sengaja menyentuh wajah. Dengan menjaga tangan tetap bersih dan mencuci nya selama 20 detik di air mengalir dan menggunakan sabun maka virus akan mati dan kita telah mengurangi resiko penyebaran.

 

  1. HINDARI KERUMUNAN DAN JAGA JARAK SETIDAKNYA 1 METER, TERUTAMA BILA ADA YANG BATUK ATAU BERSIN.

MENGAPA?

Ketika batuk atau bersin, orang mengeluarkan percikan (droplets) dari hidung atau mulutnya dan percikan ini dapat membawa virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda dapat menghirup percikan ini dan juga virus COVID-19 jika orang yang batuk itu terjangkit penyakit ini. Dengan menjaga jarak minimal 1 meter,maka anda akan terhindar dari percikan tersebut.

 

  1. HINDARI MENYENTUH MATA, HIDUNG DAN MULUT.

MENGAPA?

Tangan menyentuh berbagai permukaan benda dan virus penyakit ini dapat tertempel di tangan. Tangan yang terkontaminasi dapat membawa virus ini ke mata, hidung atau mulut, yang dapat menjadi titik masuk virus ini ke tubuh Anda sehingga Anda menjadi sakit.

 

  1. BERSIHKAN SECARA RUTIN BENDA YANG SERING DISENTUH DENGAN DISINFEKTAN

MENGAPA?

Benda-benda seperti gagang pintu, meja, kursi, dll merupakan benda-benda yang sering disentuh, dengan rutin menyemprot disinfektan di areal tersebut dapat mematikan virus yang ada di areal benda tersebut

 

  1. SEBISA MUNGKIN, KITA TIDAK MENERIMA TAMU ATAU BERTAMU KE RUMAH ORANG LAIN

MENGAPA?

Karena kita tidak tahu siapa yang kemungkinan menjadi Carrier (pembawa Virus), bisa jadi orang yang bertamu ke rumah kita atau kita yang bertamu ke rumah orang lain yang beresiko menyebarkan penyakit.

 

  1. BERIBADAH DIRUMAH

MENGAPA?

Sesuai anjuran pemerintah dan menghindari penularan covid-19 karena kita tidak tahu siapa yang membawa virus tersebut di dalam tubuhnya

 

  1. TIDAK BERJABAT TANGAN DAN ATAU BERSENTUHAN.

MENGAPA?

Karena virus ini menempel pada benda-benda yang mungkin disentuh oleh tangan kita atau orang lain secara tidak sengaja, dengan menghindari berjabat tangan maka bisa mencegah penularan covid-19 melalui kontak fisik.

 

  1. SEGERA MENGGANTI PAKAIAN DAN MANDI SAAT SAMPAI DIRUMAH

MENGAPA?

Hal ini bertujuan untuk memastikan badan kita bersih dari virus yang bisa saja menempel di pakaian, tas, atau apa saja yang melekat di tubuh kita, karena saat diluar rumah banyak aktifitas yang dilakukan dan kemungkinan kontak dengan siapa saja

 

  1. GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH DAN SAAT BERAKTIFITAS DITEMPAT UMUM.

MENGAPA?

  1. Masker bisa menghambat penularan virus.

Penelitian mengungkapkan bahwa masker bisa melindungi dari penularan virus yang bisa menyebar melalui percikan atau droplet, mikrodroplet dan aerosol.

  1. Masker mencegah orang menghirup mikrodroplet.

Menurut penelitian, mikrodroplet beresiko tinggi jadi media penularan virus corona. Mikrodroplet ini keluar dari hidung atau mulut saat kita bernafas atau berbicara secara normal, apalagi bersin atau batuk.Jika droplet akan langsung jatuh kelantai, tidak demikian dengan mikrodroplet, dia akan mengambang dan bergerak sesuai aliran udara. Itu sebabnya masker bisa mencegah penyebaran virus melalui mikrodroplet.

  1. Masker melindungi dirimu dan orang lain.

Virus corona bisa menginfeksi seseorang tanpa menumbulkan gejala apapun (asimptomatik). Mereka akan menjadi Carrier Virus atau pembawa virus dan menularkan nya ke orang lain.

  1. Mencegah kita menyentuh wajah secara langsung.

Memang tidak akan menghentikan virus sepenuhnya, tetapi akan membuat kita sulit menyentuh hidung dan mulut secara langsung.

 

  1. HINDARI KERUMUNAN DAN JAGA JARAK SETIDAKNYA 1 METER, TERUTAMA BILA ADA YANG BATUK ATAU BERSIN.

MENGAPA?

Ketika batuk atau bersin, orang mengeluarkan percikan (droplets) dari hidung atau mulutnya dan percikan ini dapat membawa virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda dapat menghirup percikan ini dan juga virus COVID-19 jika orang yang batuk itu terjangkit penyakit ini. Dengan menjaga jarak minimal 1 meter,maka anda akan terhindar dari percikan tersebut.

 

  1. TUNDA MUDIK

MENGAPA?

  1. Kamu bisa tertular virus corona saat dalam perjalanan, karena interaksi dengan orang lain bisa menjadi transmisi/penularan virus corona.
  2. Bisa jadi kamu sudah terpapar virus corona tapi tidak mengetahuinya, karena beberapa kasus Covid-19 tidak menunjukan gejala, begitu anda mudik akan menularkan pada keluarga dan kerabat sekitar.

 

  1. SEBAIKNYA DIRUMAH SAJA

MENGAPA?

Untuk memutus penularan covid-19, kita sekeluarga juga terhindar dari kemungkinan tertular covid-19 tentunya dirumah saja dengan menerapkan seperti poin-poin di atas

 

APAKAH SAYA HARUS KHAWATIR TENTANG COVID-19?

Penyakit yang disebabkan infeksi COVID-19 pada umumnya bersifat ringan, terutama pada anak-anak dan orang dewasa muda. Namun, infeksi ini tetap dapat menyebabkan penyakit serius: sekitar 1 dari 5 orang yang terjangkit membutuhkan perawatan di rumah sakit. Karenanya, wajar jika orang khawatir tentang dampak wabah COVID-19 pada diri mereka dan orang-orang yang mereka kasihi.

SIAPA YANG BERISIKO MENDERITA PENYAKIT SERIUS?

Sementara ini kita masih perlu mempelajari dampak COVID-19 terhadap manusia, tetapi sejauh ini lansia dan orang-orang yang sudah memiliki keadaan medis sebelumnya (seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit paru-paru, kanker atau diabetes) terindikasi mengalami sakit yang lebih parah.

APAKAH ANTIBIOTIK EFEKTIF MENCEGAH DAN MENANGANI COVID-19?

Tidak. Antibiotik tidak dapat melawan virus, melainkan hanya melawan infeksi bakteri. COVID-19 disebabkan oleh virus sehingga antibiotik tidak efektif. Antibiotik tidak boleh digunakan untuk mencegah atau mengobati COVID-19. Antibiotik hanya digunakan sesuai arahan dokter untuk mengobati infeksi bakteri.

APAKAH ADA OBAT ATAU PERAWATAN YANG DAPAT MENCEGAH ATAU MENYEMBUHKAN COVID-19?

Meskipun obat-obatan barat, tradisional atau buatan sendiri dapat meringankan gejala-gejala COVID-19, obat-obatan yang ada belum terbukti dapat mencegah atau menyembuhkan penyakit ini. WHO tidak merekomendasikan tindakan mengobati diri sendiri dengan obat apa pun, termasuk antibiotik, untuk mencegah atau menyembuhkan COVID-19. Namun, beberapa obat-obatan barat dan tradisional sedang diuji klinis. WHO akan terus memberikan informasi terbaru seiring tersedianya temuan klinis.

APAKAH ADA VAKSIN, OBAT ATAU PERAWATAN UNTUK COVID-19?

Belum ada. Hingga kini, belum ada vaksin dan obat melawan virus tertentu untuk mencegah atau mengobati COVID-19. Namun, orang-orang yang sakit perlu mendapatkan perawatan untuk meredakan gejala-gejalanya. Orang-orang yang sakit serius harus dibawa ke rumah sakit. Sebagian besar pasien sembuh karena perawatan untuk gejala yang dialami. Ada beberapa kandidat vaksin dan obat tertentu yang masih diteliti melalui uji klinis. WHO mengkoordinasikan upaya menyediakan vaksin dan obat yang mencegah dan mengobati COVID-19.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN BILA ANGGOTA KELUARGA MENUNJUKKAN GEJALA?

Segera cari pertolongan kesehatan bila Anda atau anak mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas. Telepon sarana kesehatan terlebih dahulu untuk memberi tahu jika Anda telah melakukan perjalanan ke wilayah di mana dilaporkan ada kasus virus corona (COVID-19) atau bila Anda pernah bertemu dengan seseorang yang telah melakukan perjalanan ke wilayah itu dan menunjukkan gejala-gejalanya.

MENGAPA ORANG YANG DICURIGAI (SUSPEK) TERTULAR VIRUS CORONA HARUS DIISOLASI SETIDAKNYA 14 HARI?

Hal ini berkaitan dengan masa Inkubasi Virus corona, yang biasanya menunjukkan gejala-gejala dalam 1 – 14 hari. Karena itu, orang yang dicurigai harus diisolasi selama 14 hari, baik di rumah sakit, rumah atau lokasi lain dan dipantau gejala-gejala yang muncul seperti demam, batuk atau sesak napas. Untuk memastikan infeksi virus corona, suspek dapat mengikuti tes beberapa kali. Selama isolasi, suspek harus mengikuti semua perintah petugas kesehatan untuk mencegah penyebaran virus.

APAKAH PENYEMPROTAN CAIRAN DISINFEKTAN DAPAT MELINDUNGI SAYA DARI VIRUS CORONA?

Cairan disinfektan bisa membersihkan virus pada permukaan benda-benda dan BUKAN pada tubuh atau baju dan TIDAK AKAN melindungi Anda dari virus jika berkontak erat dengan orang sakit. Virus berpindah melalui percikan batuk/bersin orang sakit yang kemudian terhirup orang lain atau menempel di permukaan benda yang kemudian disentuh lalu masuk melalui mata, hidung atau mulut orang lain. Cairan disinfektan dapat membersihkan virus yang menempel di permukaan benda seperti meja, gagang pintu atau saklar lampu yang kerap disentuh orang. Membersihkan permukaan benda-benda itu sangat penting bila Anda melakukan isolasi diri di rumah dan untuk menggunakan cairan disinfektan, pastikan Anda sudah membaca petunjuk di label produk. Pemakaian cairan disinfektan secara langsung ke tubuh dapat membahayakan diri Anda.

 

HAL-HAL SEPUTAR COVID-19 YANG KAMU WAJIB TAHU DAN PAHAMI

  1. RAPID TEST

Rapid test adalah pemeriksaan antibodi sebagai deteksi awal untuk mengetahui keadaan saat ini dalam mencegah penularan covid-19

Siapa saja yang perlu melakukan tes cepat?

Ditujukan kepada orang yang memiliki kontak erat dengan orang yang telah dinyatakan positif

 

  1. ODP (ORANG DALAM PEMANTAUAN)

Orang yang mengalami demam 38O derajat atau lebih atau punya riwayat demam; atau gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk dan 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan adanya penyebaran di wilayah setempat.

Orang yang mengalami gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk dan 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi atau mungkin sudah positif COVID-19.

 

  1. PDP (PASIEN DALAM PENGAWASAN)

Orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yaitu demam 38O C atau lebih atau riwayat demam, disertai salah satu gejala/tanda penyakit pernapasan seperti batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/ pilek/pneumonia ringan hingga berat. Dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan adanya penyebaran di wilayah setempat.

Orang dengan demam 38O C atau lebih atau punya riwayat demam atau ISPA dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi atau mungkin sudah potitif COVID-19.

Orang dengan ISPA berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gejala klinis yang meyakinkan.

 

  1. OTG (ORANG TANPA GEJALA)

Orang yang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang positif COVID-19. Orang tanpa gejala merupakan kontak erat dengan kasus positif COVID-19.

 

  1. MENGIKUTI ANJURAN PEMERINTAH

ANJURAN PEMERINTAH YAITU DIRUMAH SAJA, KELUAR HANYA BILA PENTING, BERIBADAH DIRUMAH BUKAN DI TEMPAT IBADAH, BILA HAL INI DILAKUKAN MAKA PENULARAN COVID-19 DAPAT DILAKUKAN, HAL INI JUGA BERDAMPAK KEMBALINYA AKTIFITAS KITA SEPERTI BIASA LEBIH CEPAT.

MARI JADI PRIBADI CERDAS, TAAT DAN PATUH, KARENA KELALAIAN KITA BERDAMPAK BESAR PULA PADA KELUARGA DIRUMAH, ANAK, ISTRI/SUAMI, SAUDARA DAN ORANG TUA KITA.

 

  1. BILA ADA TETANGGA YANG ISOLASI MANDIRI SEBAGAI OTG, ODP, PDP

TENTUNYA JANGAN PANIK!

JANGAN DIKUCILKAN!

HAL YANG WAJIB KITA LAKUKAN YAITU BERSAMA DENGAN RT SETEMPAT MELAKUKAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SEHARI-HARINYA AGAR KEPERLUAN NYA TERPENUHI DAN DIA TIDAK PERLU KELUAR RUMAH UNTUK MEMENUHI KEBUTUHANNYA, SEHINGGA MENGHINDARI KONTAK DENGAN TETANGGA YANG SEHAT.

ISOLASI MANDIRI YANG DILAKUKANNYA TIDAK HANYA BERDAMPAK BAIK UNTUK DIRINYA DAN KELUARGANYA, NAMUN TETANGGANYA JUGA.

SALING JAGA DAN MENGHARGAI SERTA MEMATUHI SEGALA ATURAN AKAN MENJAGA KITA PULA TERHINDAR DARI COVID-19.

 

LINK TERKAIT :

http://dinkes.kukarkab.go.id/baca-berita-173-tunda-mudik.html

http://dinkes.kukarkab.go.id/baca-berita-172-menjaga-jarak-dan-pembatasan-interaksi-fisik.html

http://dinkes.kukarkab.go.id/baca-berita-171-6-langkah-cuci-tangan-pakai-sabun-dan-air-mengalir.html

http://dinkes.kukarkab.go.id/baca-berita-166-odp-orang-dalam-pemantauan-mesti-gimana.html

http://dinkes.kukarkab.go.id/baca-berita-165-hindari-stres-dan-tetap-optimis.html

http://dinkes.kukarkab.go.id/baca-berita-162-etika-batuk.html

http://dinkes.kukarkab.go.id/baca-berita-163-jangan-panik-pemkab-kukar-siap-siaga-antisipasi-wabah-virus-corona.html

Download :

http://dinkes.kukarkab.go.id/downlot.php?file=86hal-hal%20mengenai%20COVID-19%20yang%20perlu%20diketahui%20(qna).pdf

 

 

 

  • Selasa, 05 Mei 2020 - 09:04:17 WITA
  • admin

Berita Terkait Lainnya