Kukar ditetapkan sebagai lokus kegiatan penurunan Angka Kematian Ibu ( AKI) dan Angka Kematian Bayi ( AKB ) tahun 2021

  • Kamis, 28 Mei 2020 - 23:31:08 WITA
  • admin
Kukar ditetapkan sebagai lokus kegiatan penurunan Angka Kematian Ibu ( AKI) dan Angka Kematian Bayi ( AKB ) tahun 2021

DinkesKukarNews I Tenggarong_Kementrian Kesehatan menetapkan Kukar sebagai lokus kegiatan penurunan AKI dan AKB tahun 2021 berdasarkan Kepmenkes RI Nomor HK.01.07/ MENKES/319/2020.

Berdasarkan Kepmenkes yang di tandatangani  Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, Kukar ditetapkan bersama dengan 200 ( dua ratus ) Kabupaten/ Kota pada 34 (tiga Puluh empat) provinsi di Indonesia. Jumlah 200 ini, terdiri dari 120 Kabupaten / Kota  yang ditetapkan tahun 2020, ditambah 80 Kabupaten/ Kota yang baru ditetapkan tahun 2021.

“ Kukar kembali ditunjuk sebagai lokus kegiatan penurunan AKI dan AKB oleh kementrian Kesehatan RI,” Kata Sekretaris Dinas Kesehatan kabupaten Kutai Kartanegara, ismi Mufidah, SKM, MPH , saat Bincang santai dengan DinkesKukarNews.

Kutai kartanegara, Berau dan Paser adalah 3 Kabupaten dari Provinsi Kalimantan Timur, yang ditetapkan sebagai lokus kegiatan penurunan AKI dan AKB tahun 2021.

“ Dengan penetapan ini, maka dapat digunakan dasar untuk perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan  penurunan AKI dan  AKB, termasuk pengalokasian dan pemanfaatan Dana Alokasi Khusus ( DAK) baik fisik maupu non fisik bidang kesehatan tahun 2021,” kata bu Ismi.

“ Dan dengan penetapan ini, kabupaten/ kota yang ditunjuk , dituntut untuk  meningkatkan akses pelayanan kesehatan ibu dan anak, meningkatkan kualitas pelayanan ibu dan anak, meningkatkan peran serta masyarakat dalam menurunkan AKI dan AKB serta memperkuat tata kelola kesehatan ibu dan anak, yang termasuk didalamnya tata kelola manajemen, tata kelola program dan tata kelola klinis,” lanjutnya.

saksikan bincang DinkesKukarNwes bersama Ismi Mufidah, SKM,MPH di link berikut https://youtu.be/dmsiLQqcaMw

Penurunan Angka kematian Ibu, angka kematian bayi dan angka kematian neonatal merupakan amanat pembagunan dibidang kesehatan yang tertuang dalam Rencana Strategis Kementrian Kesehatan,  Rancana Pembangunan Nasional jangka menegah dan Rencana Pembanguna berkelanjutan.

Baca Juga : Menurunkan Angka Kematian Ibu ( AKI ) dengan Srikandie Link : http://dinkes.kukarkab.go.id/baca-berita-203-menurunkan-angka-kematian-ibu--aki--dengan-srikandie.html


Kepmenkes RI Nomor HK.01.07/ MENKES/319/2020 dapat di unduh di link berikut : http://dinkes.kukarkab.go.id/semua-download.html

 

 

  • Kamis, 28 Mei 2020 - 23:31:08 WITA
  • admin

Berita Terkait Lainnya