Rencana Strategis ( Renstra ) Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara Tahun 2021-2026

  • 28 November 2022
Rencana Strategis ( Renstra ) Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara Tahun 2021-2026

Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Keberhasilan pembangunan kesehatan sangat ditentukan oleh kesinambungan antar upaya program dan kegiatan, serta kesinambungan dengan upaya-upaya yang telah dilaksanakan pada periode sebelumnya.
Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan menyatakan bahwa pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan berasaskan perikemanusiaan, keseimbangan, manfaat, perlindungan, penghormatan terhadap hak dan kewajiban, keadilan, gender dan nondiskriminatif, serta norma-norma agama. Pembangunan kesehatan pada hakekatnya merupakan upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Keberhasilan pembangunan kesehatan sangat ditentukan oleh kesinambungan antar upaya program dan sektor, serta kesinambungan dengan upaya-upaya yang telah dilaksanakan oleh periode sebelumnya.
Pencapaian tujuan pembangunan nasional merupakan akumulasi dari keberhasilan pembangunan daerah. Visi pembangunan daerah Kabupaten Kutai Kartanegara adalah: "Mewujudkan Masyarakat Kutai Kartanegara yang Sejahtera dan Berbahagia". Untuk mencapai tujuan pembangunan daerah tersebut, maka diselenggarakan program pembangunan daerah secara terpadu, terarah, terencana dan berkelanjutan. Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mengatur implementasi strategi desentralisasi di Indonesia, menetapkan kewenangan yang lebih besar kepada daerah termasuk pembangunan kesehatan. Pada undang-undang No. 25 Tahun 2005 tentang perencanaan pembangunan nasional, telah menetapkan bahwa setiap daerah memiliki kewenangan untuk menentukan prioritas pembangunan daerahnya termasuk pembangunan kesehatan daerah sesuai dengan kemampuan, kondisi dan kebutuhan daerah sesuai dengan kemampuan, kondisi, dan kebutuhan daerah masing-masing.
Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah adalah satu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana pembangunan untuk menghasilkan rencana pembangunan dalam jangka panjang yang dituangkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), jangka menengah yang dituangkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pada level provinsi/kabupaten dan dokumen Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra SKPD) pada level unit pelaksana, dan tahunan yang dituangkan dalam Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) pada level provinsi/kabupaten dan dokumen Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja SKPD) pada level unit pelaksana.
Sebagai satu kesatuan sistem, masing-masing dokumen saling terkait dimana RPJMD memberikan pedoman bagi RKPD melalui arah kebijakan tahunan dalam 5 (lima) tahun. RPJMD dan RKPD diterjemahkan dan dipedomani oleh SKPD dalam menyusun Renstra SKPD dan Renja SKPD, dimana kedua dokumen tersebut dapat menjadi basis perumusan dan dasar peningkatan kualitas layanan bagi masyarakat.
Rencana Strategis (Renstra) Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2021-2026 disusun sebagai instrumen untuk menerjemahkan dan mempertajam visi dan misi serta menyelaraskan tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan daerah sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara yang ditetapkan dalam RPJMD. Renstra ini disusun dengan berprinsip secara transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan, dan berwawasan lingkungan.


Download Renstra Dinkes Kukar Tahun 2021-2026 di link berikut : https://drive.google.com/file/d/18-60vzZ4RuQ9jwMSmnWv0alYPWBfeOqK/view?usp=sharing

  • 28 November 2022