Amplang Pak RT

  • 29 Januari 2022
Amplang Pak RT

AMPLANG PAK RT ( Aplikasi Mendaftar Pelatihan Pangan Industri Rumah Tangga ) merupakan sistem pendaftaran online bagi Masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan Penyuluhan Keamanan Pangan ( PKP ) bagi produsen pengusaha di bidang pangan. AMPLANG PAK RT adalah inisiatif Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara Khususnya seksi Farbelkes  selaku regulator untuk meningkatkan mutu keamanan pangan dan kelayakan konsumsi Produk pangan Industri Rumah Tangga ( PIRT ). Pelatihan ini sendiri dilaksanakan dalam 3 ( Tiga) Tahap dengan masing - masing tahap peserta maksimal 35 peserta dan diharapkan sampai akhir tahun 2022 kuota 105 peserta dapat tercapai. 

Tahapan penyelengaraan pelaksanaan kegiatan pelatihan PKP dilaksanakan pada :

1. Tahap I pada tanggal 9 -10 Februari 2022

2. Tahap II pada tanggal 18 - 19 Mei 2022

4. Tahap III pada tanggal 7 - 8 September 2022

Untuk mengajukan permohonan menjadi Peserta PKP maka Peserta PKP yang telah memiliki produk PIRT dapat mengisi Link Pendaftaran  sebagai berikut : http://bit.ly/FormPendaftaranPKPDINKES2022

Adapun materi yang akan di dapat meliputi  :

  1. Kebijakan Nasional Pengaturan IRT-P dan Peraturan Perundang-Undangan tentang Kemanan Pangan
  2. Higiene dan Sanitasi
  3. Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) IRT
  4. Pengendalian Proses Untuk Mengatasi Bahaya
  5. Pengawetan Pangan
  6. Bahan Tambahan Pangan (BTP)
  7. Pengembangan Usaha IRT-P
  8. Pengemasan dan Penyimpanan
  9. Label Pangan

Sebagai evaluasi penilaian dilakukan Pre test dan Post test sebagai evaluasi penilaian kemampuan dan pemahaman peserta atas materi yang telah diberikan. Peserta dinyatakan lulus Pelatihan PKP apabila nilai yang dicapai minimal 60 dan berhak mendapatkan sertifikat PKP. Bagi peserta yang tidak lulus diberikan bimbingan dan dilakukan tes ulang.

  • 29 Januari 2022