GEBER LIMA KUKAR

  • 01 Juni 2022
GEBER LIMA KUKAR

GEBER LIMA KUKAR adalah Akronim dari Gerakan Bersama Eliminasi Malaria Kutai Kartanegara merupakan inovasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara untuk melakukan Eliminasi penyakit malaria di kabupaten Kutai Kartanegara.

 

GEBER LIMA KUKAR terdiri dari Lima langkah upaya penanganan penyakit Malaria di Kabupaten Kutai Kartanegara meliputi : 

1. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KADER MALARIA

kader malaria dapat membantu pemerintah dalam menjangkau masyarakat pada populasi khusus untuk melakukan pemeriksaan malaria Pelatihan kader difokuskan kepada daerah yang masih endemis, 6 puskesmas (Perangat, Sebulu I, Jonggon, Rimba Ayu, Muara Wis dan Samboja.

 

2. PEMBENTUKAN POS MALARIA DESA

Pos Malaria Desa (Posmaldes) adalah wadah pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian malaria yang dibentuk dari oleh dan untuk masyarakat secara mandiri dan berkelanjutan. Difokuskan di wilayah Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu).

 

3. KERJASAMA LINTAS SEKTOR PENANGANAN MALARIA

Pengendalian malaria tidak bisa hanya dilakukan oleh sektor kesehatan, namun harus bekerja sama dengan lintas sektor terkait, guna mempercepat hasil yang dicapai serta efisiensi dan efektifitas dalam pengendalian malaria, dengan melibatkan  pemerintah desa, tokoh masyarakat, LSM dan pihak swasta.

 

4. PENANGANAN KASUS MALARIA SECARA KOMPREHENSIF

Merupakan sistem Penanganan kasus malaria mulai dari kasus ditemukan hingga penanganan di fasilitas kesehatan tingkat lanjut. Penanganan mulai dilakukan saat ditemukan kasus malaria, pemeriksaan rapid test Malaria atau mikroskopis, memberikan pengobatan sesuai standard berdasarkan klasifikasi diagnosa malarianya dan untuk kasus malaria berat segera dibawa ke Rumah sakit Rujukan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Kasus malaria yang terkonfirmasi segera dilakukan Penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui tempat terjadi penularannya, dilakukan konseling dan diberikan kelambu berinsektisida.

 

5. LAYANAN INFORMASI DAN PENGADUAN PRO AKTIF MASYARAKAT PEDULI MALARIA ( LAPAK MADURIA)

Meruapakan Layanan informasi Untuk merespon keluhan seputar malaria baik yang berasal dari masyarakat maupun instansi , Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara membuat layanan informasi dan pengaduan melalui Call Center dan Whatsapp (082159200095).

 

  • 01 Juni 2022