Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai kartanegara

  • 18 Februari 2020
Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai kartanegara

Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara (Dinkes Kukar) merupakan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang memiliki tugas pokok untuk melaksanakan kewenangan otonomi daerah di bidang kesehatan.

Dalam melaksanakan kewenangan tersebut, Dinkes Kukar memiliki 32 Puskesmas( PKM)  binaan,  sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan yang dimaksud,terdiri dari kegiatan di dalam gedung biasa disebut UKP ( Upaya kesehatan Perorangan ) dan Kegiatan  di luar gedung  atau biasa disebut UKM ( Upaya Kesehatan Masyarakat ).

Berdasarkan Keputusan Bupati Kutai Kartanegara No. 130/SK.Bupati/HK/2018 tentang penetapan kategori pelayanan kesehatan pelaksana teknis daerah Pusat Kesehatan masyarakat, sebanyak 23 PKM ditetapkan sebagai PKM rawat inap dan 9 ditetapkan sebagai PKM  non rawat inap serta ada 2 PKM rawat inap yaitu PKM sungai Mariam dan PKM Muara jawa ditetapkan sebagai PONED (Obstetri Neonatal Emergency ).

Berdasarkan Keputusan Bupati Kutai kartanegara No. 223/SK-Bupati/HK/2019 tentang penetapan fasilitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat terpencil dan sangat terpencil dan berdasarkan  Keputusan Bupati Kutai kartanegara No. 222/SK-Bupati/HK/2019 tentang penetapan Kategori Pusat Kesehatan Masyarakat perkotaan dan pedesaan berdasarkan karakteristik wilayah, maka sebanyak 5 PKM ditetapkan di wilayah perkotaan, 23 PKM dtetapkan diwilayah pedesaan dan 4 PKM ditetapkan di wilayah terpencil.

Total Jumlah SDMK ( Sumber Daya Manusia Kesehatan ) untuk 32 PKM tersebut sebanyak 1428 0rang,  yang terdiri dari berbagai macam profesi , diantaranya Dokter Umum, Dokter Gigi, Perawat, Bidan, Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Ahli Gizi, Farmasi, Ahli Teknologi laboratorium Medis dan tenaga penunjang Kesehatan. Disamping SDMK, Ke-32 PKM tersebut juga dilengkapi dengan Kendaraan Ambulance, kendaraan Puskesmas Keliling darat , Kendaraan Puskemas Keliling Perairan , Kendaraan Bermotor dan lain-lain.<stw>

Info Selengkapnya, silahkan Download Data dasar Puskesmas Kabupaten Kutai Kartanegara di Link berikut : http://dinkes.kukarkab.go.id/haldownload-2.html

 

  • 18 Februari 2020